Selasa, 24 Juni 2014

Cara Menanggulangi Banjir Rob



CARA MENCEGAH ATAU MENANGGULANGI BANJIR ROB
                 Banjir rob memang datang di saat-saat yang tidak terduga dan seringkali menyebabkan kerugian yang banyak baik dari segi materi maupun lainnya. Tetapi masih ada cara untuk mencegah atau menanggulangi banjir rob tersebut. cara- cara tersebut antara lain :
1.       Membuat saluran air atau sistem drainase yang baik
Saluran air yang baik berupa kali besar yang bebas dari tumpukan sampah dan berfungsi menerima limpahan genangan air dari areal perumahan yang overload karena hujan, saluran air ini nantinya akan bermuara ke sungai besar di daerah tersebut.
2.       Membuang sampah pada tempatnya
Membuang sampah yang tidak pada tempatnya dapat membuat sampah tersebut dapat ikut terseret aliran air saat hujan turun dan sampah tersebut dapat masuk ke dalam aliran sungai sehingga dapat membuat mampat aliran sungai.
3.      Rajin membersihkan saluran air
Saluran air yang kotor dan mapat akan menjadi salah satu penyebab banjir karena saluran air tidak berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air hujan ke daerah hilir.
4.      Mendirikan bangunan atau konstruksi pencegah banjir
Salah satunya dengan mendirikan bendungan, bendungan berfungsi untuk tempat penampungan air dengan ukuran yang sangat besar. Dan dapat di fungsikan sebagai pengairan, tempat pemancingan, dan untuk pembangkit tenaga listrik.
5.      Proyek pendalaman sungai
Proyek ini di lakukan dengan cara mengeruk semua lumpur yang ada di dalam dasar sungai yang dapat mendangkalkan sungai. Bila proyek ini dilakukan sungai dapat mengalirkan air hujan dalam jumlah yang banyak.
6.      Pengunaan paving stone untuk jalan
Pengunaan jalan dengan paving stone dapat mempermudah untuk menyerap air disbanding dengan konstruksi jalan dengan aspal, sehingga saat turun hujan air dapat langsung terserap ke dalam tanah.

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 Semangat Dunia.